Thursday, June 6, 2013

USM STAN 2013 : TES KESEHATAN DAN KEBUGARAN 2011

Bagian selanjutnya dari perjuangan masuk STAN adalah tes Kesehatan dan Kebugaran,kalo agan kira ini formalitas lebih baik agan pikir lagi..Hampir 50% dari yang udah lolos tes USM TPA dan TBI gagal di tahap ini.Kok Bisa?mari kita simak ulasan supernya oleh Mario Tegang haha

Ini adalah kronologi tes Kesehatan dan Kebugaran,persiapan dimulai pada pukul 06.30 tanggal 3 Oktober 2011 di tempat pendidikan prodip Bea Cukai (daerah Rawamangun,Jakarta Timur). pada mulanya kita digiring buat antri pendaftaran ulang dibawah tenda biru (kaya lagunya Desi Ratnasari) skitar 1 jam baru deh ane dapet nomer buat tesnya. Habis itu ane disuruh jalan ke tempat buat tes kesehatannya di salah satu gedung di kompleks itu gan..ane masih inget kalo waktu itu antrinya sambil duduk dana antriannya dah panjang banget,udah mirip waktu ambil BLT jaman dulu dah :D

Kira-kira di situ antrinya 1 jam gan baru deh dimulai rangkaian tes kesehatan,tapi ane ga bosen gan! soalnya banyak cewe bening nan bohay yang pake baju olahraga yang mau tes bareng ane :3 ah nikmatnya kala itu..fokus tah fokus! #okesip

tes kesehatan dimulai dari pengukuran tinggi badan dan berat badan ane oleh petugasnya setelah dicatat ke-tidak-ideal-an ane barulah ane disuruh masuk ruang untuk tes kesehatan,apa aja?cekidot :
1. Cek tensi darah (alhamduillah normal)
2. Kenormalan mata (normal :D)
3. Denyut nadi,( agak rendah karena suka ngopi hhe)

udah?belum gan tadi itu ceknya rame-rame sekarang cek lagi yang lebih personal ke ruangan khusus,satu persatu dan akhirnya giliran ane dateng..ane bingung gan,galau,pusing,akhirnya ngumpet di wc....tapi boong :D akhirnya ane masuk juga gan,lalu ada apa di dalam?

1. Cek gigi (ane ompong 1 gan :D )
2. Cek perut (gatau apaan ni maksudnya dipukul-pukul gitu --')
3. Buta warna (mbaca angka yang bintik-bintik warnanya banyak)
4. Cek telinga (untung udah dibersihin sebelum berangkat)
5. Reflex (diketok palu lututnya gan,tapi bukan palu yang buat masang paku kok :D)

Alhamdulillah semua lancar dan babak selanjutnya adalah tes kebugaran di stadion Bea Cukai,kita disuruh lari 20km,push-up 200x,sit up 200x,tapi boong ! wkwkwkwkw :ngakaks 
Ini yang sebenernya gan ! 

1. Dikasih Instruksi oleh TNI agar kita lari selama 12 menit keliling stadion tersebut, Alhamdulillah walopun gempal ane larinya paling jauh gan! kurang lebih 6 putaran deh...berasa macho banget gan diliatin cewe-cewe bisa lari paling jauh :3

2.Setelah istirahat 5 menit kita disuruh Lari Shuttle run (Sprint angka 8) di lintasan yang udah disediakan lalu dicatet waktunya 

udah gitu aja si gan tes nya hhe...tapi ada hal hal yang penting buat agan catet :

1.Lari Paling depan dan paling cepat bukan jaminan buat lolos,karena dari pengalaman ada beberapa yang larinya bagus tapi ga lolos..jadi kombinasi kesehatan dan kebugaran yang menentukan :)

2. Larilah dengan determinasi(gigih) yang larinya asal-asalan sama yang berjuang sekuat tenaga (walopun ga paling depan) pasti keliatan dan itu dinilai! buktinya waktu di lap terakhir ane diteriakin petugas ma TNI nya gini "ayo ndut kamu nilenya bagus " :D

3. Latian lari gan! dulu pas mau daftar STAN ane tiap hari lari minimal 2km

4. Perbanyak minum air putih,hindari makanan dengan high kolesterol pas mau tes kesehatan.

5. Relax selalu,kalo udah tegang tarik nafas panjang :)

6. Mulailah merawat bagian tubuh yang bakal diujikan,caranya gimana?googling aja lengkap :D

7. Carilah gebetan pas tes biar tambah semangat waktu lari,trust me ane dapet 1 gan dan it's works :D


nb : berjuanglah semaksimal mungkin,Amat Victoria Curam!

147 comments:

  1. Kak, tahun ini saya akan mengikuti USM STAN. Untuk tes tertulisnya saya udah ngerti proses dan segala macamnya, tapi saya masih bingung dengan tes kesehatan. Jadi kan yg ikut tes kesehatan-kebugaran itu harus lolos tes tertulis dulu. Terus apa semua spesialisasi (Pajak, Akuntansi, dll) harus ikut tes kesehatan-kebugaran, atau hanya yg memilih DI atau DIII Bea Cukai?
    Sebelumnya terima kasih kak :)

    ReplyDelete
  2. untuk tes kesehatan spesialisasi Pajak dll juga harus ikut tes kesehatan :) selain itu kita belum tau masuk spesialisasi mana saat tes kesehatan itu,semoga bisa lolos tahun ini yaa :) aamiin

    ReplyDelete
  3. Bang,bagi semua peserta seluruh indonesia yang lulus test tertulis, test kesehatannya diadain di jakarta ya?

    ReplyDelete
  4. ga kok,tes kesehatan ada di kota2 yang tertulis di pengumuman USM kemaren..contohnya Jogja,Palembang,Medan dll :)

    ReplyDelete
  5. Kak, aku kan menderita buta warna parsial. Tapi pilihanku selain Bea Cukai. Apa masih ada harapan untuk dapat diterima di STAN?
    Mohon penjelasannya, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga buta warna. Tp kan kita di formulir online sudah mengaku butawarna, jd jujur saja nanti.. oke :)

      Delete
  6. kalau secara pasti aku gabisa jamin :),tapi berdasarkan pengalaman pribadi..ada teman sekelasku yang buta warna parsial..jadi saya doakan lolos yaaa

    ReplyDelete
  7. bang, aku ini orangnya ndutt, berat badan 80 kg tinggi 167, gimana bang biar lolos ujian kesehatan kebugaran? :(, ga kuat lari bang

    ReplyDelete
  8. tetemanku dulu ada yang lebih gendut dari kamu kok :)..saranku kaa yang diatas..latian tiap hari,disini yang diukur bukan cuma yang paling jauh kok tapi determinasi sama semangat juga diliat,dulu ada teman asal SMA-ku dia lari paling depan tapi ga lulus tes kesehatan dan kebugaran..jadi tetep optimis yaa

    ReplyDelete
  9. kak, cek giginya yg dilliat apa aja ya? gigi aku juga ada yg bolong. hehe makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga ada yang 1 tapi alhamdulillah lolos..jadi kalo ditanya apa yang dicek mending tanya ke dokter gigi deh :D

      Delete
  10. ada cek varises gitu gak sih bang?

    ReplyDelete
  11. kak disuruh push up, sit up, pull up apa nggak? cek gigi apa aja kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu tahunku gada gituan..cuma lari ajaa :D

      Delete
  12. kak kalo yang pake behel gimana cek giginya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gmananya aku gatau mba,bukan dokternya soalnya wkwk :D,tapi ada kok yang pake behel tapi lolos aja hhe

      Delete
  13. ka, kalo di bop aku pilih mata minus kurang dari 2, tapi aku takut kalo minus aku nambah, apa harus pakai surat pengantar dr dokter atau gimana? aku ga milih bea cukai sih.. tp takut ketika ga sesuai sm bop ka, apa berpengaruh? terimakasih ka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo misal pake surat pengantar dokter bikin kamu lebih pede ya kenapa engga :D,dulu pengalaman ada yang tes bareng aku dia ga pake kacamata dan bilang matanya normal tapi ternayata pas tes kesehatan kurang normal(minus kali yak) jadi diomongin gitu deh ma dokternya..jadi kalo aku mending bikin surat pengantar ntar ngomong lagi pas mau dites :D,kadang STAN lebih banyak tes kejujuran daripada angka2

      Delete
  14. kak makasih bgt atas infonya ya . Puji Tuhan saya lolos tes tulis. Saya mau nanya kalau saya nulis tinggi itu ngga sesuai gmn? waktu itu kira2 aja soale hehe . Terus kalau bukan yg cepat lari dilihat drmana ya kak?Kombinasi gmn? apa hrs yg badannya bagus dan larinya juga? maaf banyak tanya hehe. makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah,Sama-sama nak *lah
      gapapa saya juga dulu tingginya waktu diukur di tes kesehtan beda sama yang aku tulis,asal jangan parah2 beda mpe 10cm :D
      kombinasi kesehatan sama lari,dan jua waktu lari jangan keliatan gampang nyerah,soalnya yang ngetes juga ada dari TNI otomatis mereka dah biasa ngetes ginian tau mana yang sepenuh hati mana yang asal2an :)

      Delete
  15. bang buat tes gigi tuh ya, kalo bolong/ga rapih/ada plak gimana tuh? ngaruh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin asal ga parah gapapa gan,aku juga bolong kok waktu itu..ga begitu rapih juga (kalo rapih mending jadi model :3) hhe..jadi ya pede aja sama ditambah treatment kaya cairan pembersih mulut gitu :D

      Delete
  16. disuruh buka baju sama celana g ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma buka baju gan -__- ga buka celana :D,buat tes nepuk2 perut gitu~

      Delete
    2. waktu saya di STSN disuruh buka celana juga gan dipencet2 burungnya :v wkwk

      Delete
    3. kalo STSN ia gan,,militer doi mah..temen angkatan ane ada 2 yang di STSN :D

      Delete
    4. haha iya kang STAN mah ga militer ya? :D ane gagal di tes kesehatan kemarin, huft php -.-

      Delete
    5. @Arlie: waduh kok dipencet" apa nggk ngilu bro, terr :D

      Delete
  17. Gan , kalo pas tes kesehatan tensi darah rendah gimana gan ?
    Soalnya gw sering dpt tensi 90-100 ., kira" lolos g ya .?
    Sama kalo badan g proporsional , agak kurus , tinggi 169 berat 52kg , kira" pengaruh g ya ?
    Sory kalo bayak nanya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga tensinya segitu gan waktu itu dan Alhamdulillah lolos ,tapi mumpung masih ada waktu ya bisa diusahakan untuk "menormalkan" kan?hhe
      yang terlalu kurus ada,yang terlalu gendut juga ada teman saya kok..jadi tetep optimis yang penting kesehatan dijaga normal semua :D

      Delete
  18. ka waktu test mata, kalau matanya silindris apa gpp? ehiya terus ka kan waktu istirahat lari ke shutle run cuma 5 menit klo misalnya nggak ngebentuk angka 8 gitu bakal diulang larinya gak sih ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya ga masalah kok buat silindirisnya :),iya kurang lebih 5-7 menit lah..emmh ada lintasannya kok de tnang aja hhe

      Delete
  19. kang kalo tes wawancara ngapain aja?

    ReplyDelete
  20. gan, kita tahu masuk jurusan itu kapan ya? dan bagaimana ? pas pengumuman hasil usm, mereka ga ngasitahu jurusannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu daftar ulang kalo aku ga salah inget gan :),sebelum itu belum ada pengumuman jurusan

      Delete
    2. jadi gan? jurusan kita bisa ngacak dong ? ga sesuai dengan yang diharapkan?

      Delete
  21. Kak? Yang jadi bahan pertimbahan supaya ditentuin lulus di tahap tes kesehatan dan wawancara apa aja ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara spesifik saya gatau gan,tes STAN penuh dengan KEJUJURAN sekaligus beberapa hal yang misterius hhe :D

      Delete
    2. Trus yang ditentuin jurusannya berdasarkan apa?

      Delete
    3. jurusan itu dari nilai usm + kesehatan + wawancara..selebihnya aku ga paham gan,karena beberapa temen saya yang angkatan dulu banyak yang dapet ga sesuai yang dipilih

      Delete
  22. kak,,lapangannya luasnya kaya gmana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anggap aja lapangan bola + 100 meter de luasnya :)

      Delete
    2. gan masih idup kan? wkwkw ane mau tanya, itu larinya berarti 6x lapangan bola +100 meter?

      Delete
    3. y kalo jakarta gitu gan..tapi beda daerah tes beda juga luasnya.. :)

      Delete
  23. salam kak, tes telinga itu gimana sih kak? yang audiometri itu ya? waduh, telinga kiri saya kayanya ada gangguan nih kak tapi kanannya oke, jadi takut gak lolos gara2 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kok de,cuma diliat aja pake senter wkwkwk :D

      Delete
  24. Gigi aku ompong 2 gan gimana ya masi bisa lulus ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa ya gan :),tetep optimis ajalah,,tapi kalo ga beacukai kesempatan tetep tinggi

      Delete
  25. kang, mau tanya lagi :D gak ada rontgen sama EKGnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gada dek,rontgen itu ntar adanya pas daftar ulang syaratnya rontgen thorax dari RSU :D

      Delete
    2. loh, memang pas daftar ulang ada yg gugur lagi ga kang gara2 rontgennya ada masalah gitu misalnya?

      Delete
    3. gada si kayaknya..itu cuma syarat daftar ulang aja kok :)

      Delete
  26. kak saya punya skoliosis derajat kecil. itu gimana bisa lolos gak? kalo diliat dari luar sih saya gak keliatan. tapi kalo diteliti lagi ya jd keliatan sedikit. kira2 bisa lolos gak ya? tinggi saya 163,7cm berat 54.

    ReplyDelete
    Replies
    1. proporsional berarti kamu yak :3
      InsyaAlloh kalo ga parah masih bisa lolos kok..

      Delete
    2. tapi buncit kak. :( kalo giginya gingsul gimana? kalo di behel boleh gak? takutnya beda sama foto. gara2 rahang maju. -_-. oya apa aja yang dibawa pas tes wawancara sama olahraga? takut kayak verifikasi kemarin. gak bawa ijazah asli suruh pulang..

      Delete
    3. aku juga gingsul -_-,temenku ada yang pake behel kok cewe,jadi boleh kayaknya..wkwk lengkap banget kamu cerita ciri2mu.. :D
      pas olahrga cuma bawa bpu,ktp,baju ma sepatu.oiya celana,minum,roti,bolpen,kaos kaki,duit buat pulang ngangkot,udah kan?-_- :D

      pas wawancara ya bawa gitu2 juga kok,gada yang spesial hhe..cuma rapi aja tampilannya :3

      Delete
    4. ooh begitu. makasih ya kak info nya. :D kk masih di stan? haha iya kak lengkap, jadi kalo ketemu bisa disapa deh dan kalo aku keterima kk ku traktir makan di kantin nya deh. sampe 20ribu aja tapi. hehe. :D.

      Delete
    5. aku udah lulus neng hhe,tapi umurnya masih belasan kok *lah...aamiin aamiin :),ahaha kemahalan ituuu,8000 dah banyak disono :D (sebelum bbm naik)

      Delete
  27. Kak jerawat ngaruh gak kak tes kesehatan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga gan,banyak yang jerawatan soalnya temen ane :D

      Delete
  28. kak, kalo aku punya buta warna parsial gimana ?
    bea cukai nya aku pilih paling akhir.
    Dan tes kesehatan nya ada yg tanpa sehelai kain ?
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat tes kesehatan saya cuma buka baju gan,udah gada lagi hhe :D
      Kalau pengamatan saya,nanti kalau kamu lolos masuk di spesialisasi lain..contoh pajak,akun dll..tetep optimis ajalah dan lakuin yang terbaik,karena teman satu kelas saya juga ada yang buta warna parsial

      Delete
    2. oh berarti ga ada cek urin dan alat kelamin gitu kak ?
      tapi masih di lolosin untuk tes kebugaran kan kak ? soalnya pilihan bea cukai emang udah aku taruh di pilihan terakhir semua.

      Delete
    3. ya kan lari gaperlu bedain warna bro?:D
      gada..kalo cek urin itu ntar buat daftar ulang harus bawa surat keterangan bebas narkoba :D

      Delete
    4. berarti rata" kesehatan itu diloloskan kan ? kalo emang penyakitnya ga fatal.
      wah jadi nambah semangat nih haha

      Delete
    5. optimis aja > sehatin badan > ikut tes sebaik baiknya :)
      kalo stres malah ga sehat ntar wkwk

      Delete
    6. yaudah terimakasih kak artikelnya, sangat membantu sekali )
      mohon juga dibantu doanya ya :D

      Delete
  29. kak, kalo badan ku kurus gimana? kurang beberap kg nih,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya aku juga kegendutan kok,woles laah..yang masuk stan lebih banyak yang kurus atau gendut kok,jarang yang ideal haha :D

      Delete
    2. wahh.. makasih kak! optimis aja deh, :)

      Delete
  30. loh kak cewek cowok apa disuruh buka baju? -_____- itu masuk buat tes apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aish enak banget kalo beneran gitu mah :3 haha
      jaadi itu buka bajunya di ruangan tertutup satu per satu waktu kita di tes point cek gigi-reflex sama dokter,dokternya cewe kok,ibu2 tepatnya :D

      Delete
  31. kak gigi sy lobang2 nih, kira2 gapapa gak yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bingung jawabnya gan :D,semoga gapapa lah..optimis aja asal ga banyak hhe

      Delete
  32. kak pas tes kebugarannya bawa baju olahraga+sepatu olahraga dari rumah? atau disediain sma panitinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. kak , kalau dari rumah langsung pakai baju + sepatu olahraga gakpapa kan? hehew :D

      Delete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Kak mata aku kan minus, yang kiri 1,5 & kanan 3,5 juga dua2 nya silindris .. pertanyaan ku itu pas cek mata gmna? Takut ga lolos :( mana aku ada yang pilih bea cukai (tpi paling terakhir), gigi aku juga berantakan hehe
    Oh iya tips nya dong kak supaya bisa sanggup lari lapangan 12 menit + shuttle angka 8 .. sankyuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini ya bro,lolosnya kamu dari tahap satu berarti kamu diberikan peluang yang sama dengan yang lain jadi tetep optimis dulu deeeh :D..tes matanya itu mbaca huruf yang besar ke yang kecil,namanya tes apaan itu yak --a hha
      tipsnya?lari tiap hari minimal 2mingguan lah..tapi harus tiap hari yaa

      Delete
  35. Wahh sankyuu kak , lumayan agak tenang haha..
    Btw luas keliling lapangan sepakbolanya seluas GBK ga? :S

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih 400-425m bro wkwkw ga laah..lingkar luar gbk lebih luas :D

      Delete
  36. kak gue bb 80 tinggi 173 buncit lolos gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. optimis laah :D,btw sangar yak..cocok di bea cukai wkk

      Delete
  37. Wah makasih kak jd memotivasi ni,yg penting semangat !
    kalo wawancaranya gmn kak?
    oh iya kak, saya pake behel.nah kan kalo pake behel untuk merapihkan harus ada beberapa gigi yg dicabut. nah saya behel atas bawah jd 4 deh gigi dicabut --"
    jd gmn ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wawancara ada di artikel selanjutnya yaaa :D...itu diatas ada kok komentar behel,temenku ada yang pake behel kok (cewe) jadi pasti ada kesempatan lolos kan :3,selebihnya usaha + doa deeh

      Delete
  38. Kak, saya tinggi 175, berat 63kg, yang saya tanyakan berapa banyak yang gugur waktu tes tahap 2 ini..??, kl bisa dalam persen(%). saya takut tes wawancara ma kesehatan, jantung lemah ne, pertanyaan yg dikasi ma kk maren ap, truz jawabannya apa(komplit ya kak), butuh resensi, maaf panjang :)kereta lewat...tut...tut..!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggi dan beratmu persis sama saya gan :D keng fatah, saya bantu jawab yaa. tahun ini stan nerima 5300 gan, dan kalo gasalah ngitung yang lulus tes kemarin 7117, silahkan dipersentasekan sendiri :D

      Delete
    2. wah 5300 kan masi BN(bird news) gan, jumlah pastinya apa iya segitu..?, saya uga cri dtanya maren

      Delete
    3. gini brader2..5300 emang kabar burung..saya pribadi udah menganalisis melalui itung2an *eaaa kalau 5300 itu mungkin(syarat ketentuan berlaku)..jadi optimis aja ya :D

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. kak untuk masalah gigi ompong itu berpengaruh gak buat di Bea Cukai ? soalnya saya ada ompong 1 -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo 1 si masih ada kesempatan gan asal yang lain sehat (khusus BC) :D

      Delete
  41. gan, ane minus lebih dr 2 nih, ga ngaruh kan buat tes kesehatan? ane kan ga milih bea cukai, prodi selain bea cukai ga ditentuin batas minus kan bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ditentuin bro..yang minus 5 juga ada temen ane hhe :D

      Delete
  42. kak.. misal ditanya ttg penyakit dll.. mending jujur apa enggak? soalnya takut ga lolos :( saya kan tadi latihan lari di stadion kota saya.. 12 menit saya cuma bisa 3 putaran aja.. belum aman ya kak buat lolos?:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur aja,teman satu sma saya ada yang sampe 4 puteran lebih dikit(cewe) tapi dia ga lolos,tapi teman kuliah saya ada yang cuma 3 tapi lolos..jadi sesuai konsep diatas bukan cuma jauh2an :)tetep optimis! ...nah masalah penyakit dll silahkan tanya dokter aja dek,konsultasi kesehatan + tanya baiknya jawab gmana..saya takut salah jawab hhe

      Delete
  43. Gan gigi ane kuning, soalnya ane perokok aktif. Bisa diterima nggak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bro! walopun sedikit tapi temen ane ada juga yang perokok..tapi saran saya si hentikan rokoknya dulu deh,dan minum susu Bear Brand :)

      Delete
  44. buat temen-temen yang tanya pasti saya usahakan jawab secepatnya,tapi lebih cepat dijawab kalo tanya lewat twitter.. :D makasih

    ReplyDelete
  45. bermanfaat sekali postingannya kak! terima kasih banyak, sangat sangat sangat membantu ;)

    ReplyDelete
  46. Kak, itu lari 12 menit bagusnya harus 6 keliling yah?
    sktar 2,4km?
    gmna kalo cuma 3-4 keliling doang?
    -
    Trus gimna ya biar keliatan kita larinya semangat..
    apa harus sambil senyum senyum larinya? wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga harus broh! itu cuma jauh2an aja jadi ga ditentuin :)
      biar keliatan semangat?ya semangat beneran bro jangan dibuat2 ntar auranya keliatan wkkwkkw

      Delete
  47. ka, dulu kaka, latihan larinya kira-kira berapa hari? makasih ka:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih 2mingguan neng :),soalnya sama dulu tesnya ga jauh dari puasa..tapi emang dari dulu suka lari jadi udah biasa :D

      Delete
  48. bang bro infoin donk shuttle run ny yg kyk mna ???
    yg 6 tiang atau 2 tiang?? kak apa perokok aktip bsa lolos tes kesehatan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. lari muter 2 tiang mbentuk angka 8(bayangin aja bro -__-)
      hehe disini saya cuma sharing pengalaman bro...gabisa jamin apapun,tapi kenyataan saya punya temen di bintaro yang perokok aktif :)

      Delete
  49. Bang mau ikut nanya juga nih.. pas tes kesehatan apa langsung pakai pakaian olahraga sekaligus sama sepatu2nya?
    Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu langsung pake pakaian olahraga dan sepatu olahrga :D

      Delete
  50. kak, larinya ga harus cepet kan yah? Dulu kakak gimana kak pas tes larinya? Larinya pelan atau gimana? Bagi strateginya dong kak hehe

    ReplyDelete
  51. Yang dipake tes butawarna di STAN itu yg 38 Plate atau yang 28 Plate ???
    Terus kan saat daftar online itu disuruh pilih butawarna atau tidak, saya pilih butawarna dan tidak boleh pilih prodi bea cukai. Kan udah jujur ya butawarna, masa g boleh butawarna sih ?? Atuh ga usah milih butawarna atau ngga saat daftar kalo pas tes kesehatan g boleh butawarna. Kasian kami para penderita butawarna yang sebetulnya tdk mau butawarna.. :(

    ReplyDelete
  52. kak saya udah latihan tp cuma dpet 3 puteran :'(
    ada tips gk kak biar gk ngos ngosan gitu kak? bukannya saya males lari kak tp nyatanya saya dptnya msih segitu kalo sekarang.

    ReplyDelete
  53. kak, yg lari 12 menit min. brp meter trus yg shuttle run dikasih waktu brp lama?

    ReplyDelete
  54. bro, temen lw ada gag yg larinya di bawah 6 keliling tp lolos ?

    ReplyDelete
  55. kak
    ak udah lari tiap pagi sore
    tapii ttep aj ngga kuat

    pling dpet 2 ato 3 puteran
    gman kak??
    apa bisa llos??

    ReplyDelete
  56. kak mau tanya, buat lari 12 menit itu, apa harus lari nonstop? setau kakak gmn ? dan biasanya/kebanyakan seperti apa? makasih sebelumnya kak :D

    ReplyDelete
  57. kak temen2 kakak ada yang gak bisa lari gitu gak?
    ane sanggup jogging terus 12 menit, tapi gak pernah sampe 5 puteran

    izin share di kaskus :D

    ReplyDelete
  58. gan test reflek yg diketok pake palu dengkulnya itu, reflek yg bagus gimana gan? itu gak terlalu berpengaruh kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gatau berpengaruh engga tapi ya pira2 aja agak ngangkat wkwk

      Delete
  59. bang,bingung nih, dulu pas di bop gw milihnye "tidak berkacamata", soalnya bingung nih mata sebelah kaga normal tapi bukan minus, gimana yeh bang? sebelum tes bilang aja ama dokternye?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tes dulu aje dah berangkat..kalo masih bisa tes snellen ya gapapa wkwk

      Delete
  60. maafbaru bisa buka blog :),sekedar info dari teman saya yang sudah mengikuti tes kesehatan kebugaran kalau tesnya sama persis dengan yang saya tuliskan di artikel ini :)

    ReplyDelete
  61. huahahahah gebetan gan,, ane udah punya gimana nih,, apa boleh cari lagi ...wkwkwk
    BTW thanks Infonya gan

    ReplyDelete
  62. mas,, mau tanya tentang tes wawancara boleh??

    ReplyDelete
  63. Lari shuttle run penilaannya pake waktu apa pake jumlah putaran?

    ReplyDelete
  64. mas, tinggi ane cuman 158 nih.. gmna tuh???

    ReplyDelete
  65. Terima kasih atas referensi dan info2nya. Saya doakan abang tambah sukses terus :)

    ReplyDelete
  66. kak, kalo bukan milih bea cukai tp yg jurusan lainnya tapi pake gigi palsu didepan bisa ga ya? aku abis kecelakaan ;(

    ReplyDelete
  67. kak, untuk persyaratannya yang sangat mutlak ga boleh dimasuki oleh buta warna (parsial) itu di jurusan apa aja ya?? :)

    ReplyDelete
  68. ka, saya punya mata minus kanan 3,5 kiri 5 tapi saya gak ikut ke bea cukai, di tes kesehatan nanti kira kira suruh baca kaya gimana y ? jarak jauh ato deket ? trus bacanya pake kacamata gak.. ? makasih :)

    ReplyDelete
  69. lapangan BC di rawamangun itu satu kali putaran berapa meter kak?

    ReplyDelete
  70. kak kalo gendut gmana, minimal berapa sih putaran larinya?

    ReplyDelete