Wednesday, July 31, 2013

USM STAN 2013 : TES ASSESSMENT DAN WAWANCARA

25 Oktober 2011,matahari baru sepenggalah naik tapi tampak puluhan remaja duduk mengantri di depan gedung Student Center(SC) STAN,rinai rinai embun sisa semalam masih membasahi dedaunan..mungkin mereka mau antri BLT hhe :D

Oke,tanggal diatas itu emang tanggal waktu saya tes Assessment dan wawancara di Jakarta setalah dinyatakan lulus tes kesehatan,ini pertama kalinya  tes beginian di STAN,jadi belum ada pihak yang [unya pengalaman buat dibagi -__-..alhasil ya googling dan meraba-raba sendiri ntar bagimance tesnya :D

Lalu apa persiapan ane dulu?sporadis dan transedental :D :

Visi Misi STAN, apa itu Prodi Perpajakan , 5 nilai Kemenkeu , Pertanyaan umum wawancara (  Motivasi, Tekanan , Inisiatif , Sikap Kerja , Kelemahan diri) , Pertanyaan pertanyaan umum tentang STAN dll

dan ternyata inilah yang ditanyakan pada Assessment :3 :

Kuesioner :

a) Nama Lengkap
b) 3 Pendidikan Terakhir
c) Pengalaman Organisasi
d) Hobi
e) Prestasi
f) Pendidikan non formal
g) Kelebihan pada diri
h) Hal yang ingin dikembangkan
i) Bahasa asing
j) Kemampuan menggunakan komputer

lalu kuesioner itu dibawa ke ruangan  SC tempat ane melanjutkan wawancara..lalu apa aja wawancaranyaa?cekidot :

a) Mempertanyakan apa yang kita tulis di kuesioner,jadi waktu nulis kuesioner jujur yak :D

b) Organisasi-organisasi kita (misal dulu saya OSIS,Pramuka sama JAMES BON (Jaga Mesjid dan Kebon) wkwk :D

c) Keluarga Anda

d) Bagaimana cara Anda menghadapi masalah (ex : Dulu di OSIS ada masalah yang pernah dihadapi?coba ceritakan apa masalah dan bagaimana Anda menghadapinya?)


Yak selesai sudah tahap USM STAN 2011 kala itu,ada beberapa catatan penting ni gan! :)
1) GADA istilah FORMALITAS
dulu yang lulus tahap 1 kurang lebih dari 2500an hanya disaring 1800an,lalu waktu tes Assessment gugur lagi 100 anak..jadi jumlah terakhir yang masuk stan 1599 atau 1699 ane lupa :hammer -__-

2) Saat tes wawancara selalu yakinlah sama jawaban kita dan JUJUR :)

3) Tes wawancara waktu itu saya pakai kemeja dan clana bahan (hitam putih waktu itu) :)

4) Pakai sepatu, TERSENYUM , JABAT TANGAN PEWAWANCARA , UCAPKAN TERIMAKASIH

Goodluck !

71 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kak kalo gak ada pengalaman berorganisasi dan prestasi non akademisnya gak ada, ada kemungkinan lulus tdk?

    ReplyDelete
  3. thanks kak infonya, itu yg 100 orng itu seluruh indonesia apa anak2 yg selokasi sama kakak gugurnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam WR WB
      Seluruh Indonesia itu bro 100 orang :)

      Delete
  4. gan bahasa inggris <- diajak bincang bahasa inggris maksudnya ? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana gan ada tulisan bahasa inggris --a? ga kok gan gada bincang2 gitu

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Sebelumnya makasih buat infonya kak.. :)
    Mau tanya, pas wawancara buat yg perempuan.. apa ada ketentuan pakaian yang harus dipakai?
    Boleh pake jeans nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wokeee,sama-sama :)
      gada ketentuan si waktu itu,tapi banyak yang pake rok hhe

      Delete
  6. gan itu 3 pendidikan terakhir..kan gw sebenernya udah kuliah di ui semester 3 cuma gw lulus tes tulis nih..jadi gw isi smp sma ama perguruan tinggi..bener apa kagak noh..thanks gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya gan makasih udah ngingetin :D
      memang ada pertanyaan "udah pernah kuliah belum?"
      waktu itu saya jawab belum karna memang belum hhe,bener itu gan isi aja gitu..

      Delete
    2. ohh gituu matur nuhun sangat deh gann hehe :D..mau nanya lagi nihh..kalo misalnya jawab udah gitu ngaruh gak yah ke kelulusan?trus keluarga itu kira2 nyeritain seputar apa aja yah?gaji gitu ato gimana? aduhh jadi banyak nanya nih hehe matur nuhun sangat loh gan :D

      Delete
    3. oke oke,temen2ku dulu pernah kutanyain ada yang jawab udah ada yang jawab belum..kayaknya si gabegitu pengaruh bagian itu.. :D
      Lupa gan apa aja dulu yak wkwk..tapi yang aku inget si keadaan keluarganya gmana hhe....gada masalah gaji kok :)

      Delete
    4. mau tanya kak, kalau aku taun ini kan emang masuk kuliah , sudah ditrima di ugm tpi belum mulai kegiatan apa2 pas wawancara itu, hla itu tetep ditulis sudah kuliah atau belum kuliah ya? terus sperti itu 3 pend terakirnya kuliah dimasukin gak ya? terimakasiih

      Delete
  7. kak btw nama twitternya apa? soalnya aku jg mau tau yg kalo gapunya organisasi

    ReplyDelete
  8. kak, itu bahasa asing maksudnya, bahasa asing apa aja ya yang kita kuasai ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup yup,bukan bahasa daerah yaa tapii :D

      Delete
    2. haha yaiyalah kak -_- tapi kak, ngga diujikan kemampuan bahasanya? kalo misalkan hanya sekedar tau bahasanya tp blm bs praktek kira-kira gmna nih kak? ._.

      Delete
    3. ya kali :3 ...Engga diujikan kok neng haha jadi ya mnggoh mau gmana jawabnya :D

      Delete
  9. makasih kak infonya, insya Allah manfaat..\
    doiakan biar bisa nyusul kakak ke stan ya..\
    aamiin.. :)

    ReplyDelete
  10. bang, itu pertanyaannya tiap tahun sama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tes assessment baru pernah sekali,yaitu tahun 2011 jadi belum ada tolak ukur lainnya :D

      Delete
  11. kak kita taunya lolos di prodip mana tuh darimana yah? soalnya di website ga dikasih tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti pas pengumuman akhir dikasih tau kok di website :D

      Delete
  12. bang itu tes wawancaranya total brp lama? (asumsi ane datang awal bgt)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga lebih dari 20 menit kok..
      jadi ntar sampe sana kita tahu masuknya jam berapa jadi walaupun dateng paling gasik harus ikut jadwal :D

      Delete
  13. kak waktu itu tes wawancara mulai jam berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih jam 08.30 atau jam 09.oo hhe,,agak lupa :D

      Delete
  14. Kak, alamat twitter kakk apa y? Saya udh cari kemana2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok di pojok kanan atas :D alamatnya @fatah_aad

      Delete
  15. Kak kalo gak ada pengalaman berorganisasi dan prestasi non akademisnya gak ada, ada kemungkinan lulus tdk?
    same question, aku ga ada twitter kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada,ada kemungkinan :D,temenku juga ada yang gitu hhe

      Delete
  16. mas broo , kelebihan pada diri tuh jawabnya gimana ? kelebihan berat badan termasuk gak ?wkakak
    oh iya kalau ditanya tentang keluarga jawabnya gimana ya kak ? maav kalau banyak tanya kak -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelebihan diri itu seperti Leadership,Public Speaking,Organising,mau belajar,dll..ya engga lah bro -,-

      jawab aja sesuai pertanyaan :D.kalau disuruh menceritakan ya ceritakan gmana kondisi keluarganya bro,dulu ane cerita bahagia ma sedihnya keluarga ane bro

      Delete
  17. ooh ini toh artikel ttg wawancara, mksih kak udh buat artikel ini insyaallah sangat membantu :)
    kak,itu 3 pendidikan tahun terakhir maksudnya sd,smp,sma ya kak?
    trus gimana ya kak, kan saya ini sma dulu gk ikut organisasi apa-apa kak.sbnrnya awalnya ikut, cuma tidak aktif lalu berhenti. karena saya kursus bahasa inggris kak.3 kali seminggu.pulangnya aja jam 6 sore jd gk smpet buat ikut organisasi. nah tp kalau pas smp saya ikut pmr lalu berhenti lalu ikut rohis kan sampe saya lulus smp. yang di tanyakan saat wawancara itu organisasi kita semasa kapan kak?apa cuma sma saja atau smp boleh? makasih kak sebelumnya , maap kalo kepanjangan xD

    ReplyDelete
  18. @rima..aamiin :)
    iya aku sd,smp,sma..soalnya belum pernah kuliah sebelumnya hhe
    waktu saya si tulis smp dan sma biar banyak :D..
    oh gitu..kalo menurut saya si yang keluar itu gaperlu ditulis soalnya malah jadi keliatan ga konsisten,iya ga?jadi kalau ditanya knapa pas sma ga ikut ya jawab "saya fokus meningkatkan akademik dan kemampuan bahasa asing saya " :)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kak masalahnya akademik saya juga blm ada prestasi apa". saya gk ikut sih kak lomba" kyk deliver speech gt. tp kalo kita dpt peringkat di tempat kursus saya, itu termasuk prestasi atau apa gitu gk sih kak?

      Delete
    2. yang peringkat di tempat kursus aku kira engga deh..maksudku fokus akademik tu memang waktu sma belajar pelajaran2 yang diajarkan di sekolah karena ditakutkan kalo ikut organisasi2 akademik saya jadi terbengkalai,jadi saya memutuskan untuk fokus akademik dan bahasa inggris sebagai fokus saya saat sma << malah jadi aku njawab -_-,itu jawaban asal..masih bisa dipoles lagi biar jawabannya makin keren :3

      Delete
    3. Oooh gitu ya kak, :o
      saya takut ngurangin poin kak kalo pas sma gk ikt organisasi :(
      tp kalau dia cuma nanya organisasi yg pernah diikuti (tanpa embel embel "hanya saat sma") brrti saya boleh dong ya kak jawab rohis ? :3

      Delete
  19. Permisi kak,saya mau bertanya. Sepatu yang digunakan harus sepatu pantofel kah? Atau boleh sepatu kets tapi tidak berwarna hitam? Kakak sendiri memeakai sepatu apa saat tes dulu? Maaf kalau pertanyaannnya kurang penting, tapi kadang-kadang buku kan perlu dinilai dari sampulnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu tes kesehatan?ya sepatu lari bro..masa pantofel wkwkw
      :D
      tapi iya waktu wawancara aku pake pantofel,walopun ada sebagian yang pakai sepatu biasa :)

      Delete
  20. Kak, mau nanya nih. dulu waktu SMA saya cuma ikut organisasi KIR dan club bahasa inggris. KIRnya nggak begitu aktif, jadi saya nggak bisa banyak cerita tentang pengalaman saya di sana. gimana dong, kak? mending bilang nggak ikut organisasi apa-apa yak?
    trus yang club bahasa inggris, termasuk organisasi yang dimaksud nggak? atau itu cuma semacam les di sekolah yak? hehe maaf kak banyak nanya, terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulis aja yang bisa kamu ceritain nantinya biar g ribet jawabnya :D
      club bahasa inggris menurutku organisasi loh(pengalaman di sma ya) soalnya ya ada struktur organisasi dan program kerja yang jelas

      Delete
    2. oh begitu ya kak. okedeh, dah ngerti saya :D
      nah masih mau nanya nih kak, kalau prestasi gimana? yang dari SD sama SMP boleh dimasukin nggak? trus jenis prestasinya kayak gimana tuh? kalau juara ngaji termasuk? hihi :3

      Delete
  21. kak, jawaban yang pas kalo ditanya alasan masuk stan apa ya kak, maksudku biar kelihatan nggak dibuat-buat gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya dijawab apa adanya ajadeh :D,contohnya ya pendidikan gratis,gausah cari kerja dll gitu si,dan yang terpenting ada tanda2 kamu niat masuk situ bukan terpaksa disuruh ortu doang di jawabannya :)

      Delete
  22. Assalamu'alaikum, makasih kak atas sharing tentang pengalamannya :)

    Oh iya, pendidikan non formal maksudnya apa kak? Dan yang dari 2500-an orang itu kan disaring jadi 1800-an sebelum mengikuti tes wawancara, dari manakah penyaringan peserta yang lolos tersebut? Syukron kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alikumsam,iya sama sama :)
      non formal mungkin les2 atau pelatihan seperti iyu ya,kalau saya dulu ga diisi karena memang ga ada...
      pada tahun 2011(tahun saya) tes kesehatan kebugaran ke tes wawancara ada tenggat waktu 1 bulan,bukan seperti tahun sekarang yang langsung mengikuti 2 tes tersebut pesertanya

      Delete
  23. Hmm, les les untuk persiapan STAN atau boleh yang lain?

    Oh lama yah kak, jadi kemungkinan ini penyaringannya berdasarkan dua pertimbangan, tes kesehatan kebugaran dan tes wawancara :D :D

    Kalau tes kebugaran itu main point yang dinilai apa kak?

    ReplyDelete
  24. kak, kalo juara lomba paskibra waktu sd gpp dimasukin ke isian Prestasi?
    nah kalo misal ikut organisasi tapi jadi anggota gimana tuh, dimasukin isian Organisasi apa lebih baik tidak perlu?

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. kak, di kuesioner sama pas wawancara ngomongin tentang cita-cita gak?

    ReplyDelete
  27. Kak lari angka 8 itu jarak antar paling ujung tiang 3 mter atau jarak ujung dgn dtengah yg 3 meter?

    ReplyDelete
  28. Dulu pas suruh jelasin masalah yang pernah dihadapi dan cara penyelesaiannya, Kkak jelasinnya gimana.,.?? buat gambaran Kak.,.

    ReplyDelete
  29. Kak, kalau paduan suara itu organisasi atau tidak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal ada struktor organisasi dan program kerja ya termasuk hhe

      Delete
  30. kak, prestasinya itu kalau semisal sebagai peserta suatu lomba apa gitu misal popda itu termasuk prestsi ga kak ?

    ReplyDelete
  31. gan, ane udah sempat kuliah 2 semester di PTN, jd kalo 3 pendidikan terahkirnya diisi SMP,SMA,Kuliah,, gitu???

    ReplyDelete
  32. kak nanti pas pengumuman ada kuota cadangan tidak? Jadi misalnya dari hasil akhir itu ada yang mengundurkan diri, kuota sisa bisa diambil dari kuota cadangan?

    ReplyDelete
  33. Kak, test bahasa inggrisnya cuma ditest tulisan aja kan?
    Kagak ada wawancara pake bahasa inggris?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di tulisan aja neng :)..pas wawancara full bahasa indo ko

      Delete
  34. kak kira" pembukaan STAn 2014 ada ga' yah ?

    ReplyDelete